Aplikasi Visa Jepang

Sedikit berbagi tentang pengalaman mengurus aplikasi visa ke Jepang di Indonesia, semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan.

2012 dan 2013, kami mengurus visa Jepang dari Kedutaan Jepang di Jakarta. Visa yang kami ajukan adalah 

  • Visa Kunjungan Sementara untuk Kunjungan Wisata dengan Biaya Sendiri. Untuk jenis visa yang lain, dapat dilihat disini.

Alhamdulillah, pengurusan visa Jepang termasuk ga ribet asalkan dokumen yang dipersyaratkan lengkap, proses pengurusan visa sekitar 4 hari kerja.

Persyaratan dokumen sebagai berikut (dokumen harus disusun berurutan pada saat menyerahkan aplikasi visa)

  1. Paspor (asli).
  2. Formulir permohonan visa. [download disini] dengan Pasfoto terbaru (ukuran 4,5 X 4,5 cm, terbaru, latar putih)
  3. Fotokopi KTP
  4. Fotokopi Kartu Mahasiswa atau Surat Keterangan Belajar (hanya bila masih mahasiswa)
  5. Bukti pemesanan tiket 
  6. Jadwal Perjalanan  dalam format yang telah ditentukan [download disini] – isinya tempat yang mau dikunjungi dan akan menginap dimana. Jika menginap di hotel/hostel, lebih baik bila bukti booking dilampirkan.
  7. Fotokopi dokumen yang bisa menunjukkan hubungan dengan pemohon yang lain, seperti kartu keluarga, akta lahir, dlsb – jika pengajuan aplikasi lebih dari satu orang/grup. Pada dasarnya, kalau keluarga mau mengajukan visa, cukup satu orang perwakilan yang datang memasukkan aplikasi visa, tetapi harus bisa dibuktikan hubungan kekeluargaannya.
  8. Dokumen yang berkenaan dengan biaya perjalanan – fotokopi buku tabungan 5 bukan terakhir. Apakah ada aturan saldo minimal? Tidak ada, tapi setidaknya cukup untuk menjamin biaya akomodasi/transportasi/makan di Jepang.
  9. Jika menginap di tempat teman/saudara yang tinggal di Jepang, harus melampirkan Invitation Letter dan fotokopi dokumen tinggal/ID orang yang bersangkutan. Contoh invitation letter disini.

Pengajuan visa di Kedutaan Jepang dimulai pukul 08.30-12.00 tiap hari Senin-Jumat, lebih baik jika datang pagi (sebelum pukul 8 misalnya) karena sudah mulai ada antrian walaupun gerbang kedutaan belum dibuka. Siapkan kartu identitas karena setelah gerbang dibuka, akan ada pos sekuriti untuk mengambil identitas visitor (ditukar dgn kartu identitas).

Setelah masuk, ambil nomor antrian dan tunggu giliran. Petugas di loket cukup ramah, langsung memeriksa kelengkapan dokumen. Jika ada kekurangan, akan diminta datang kembali setelah lengkap. Setelah selesai menyerahkan aplikasi lengkap, kita akan diberi tanda terima untuk mengambil visa 4 hari kemudian. Waktu pengambilan visa adalah hari Senin-Jumat pukul 13.30-15.00.

Ringkasan dan beberapa catatan penting

  • Waktu pengajuan aplikasi: Senin- Jumat 08.30 – 12.00. Waktu pengambilan visa: Senin-Jumat 13.30-15.00.
  • Pengajuan visa harus sesuai wilayah juridiksi kedutaan/konsulat Jepang (tergantung kartu identitas kita masuk wilayah juridiksi mana). Pembagian wilayah juridiksi dapat dilihat disini.
  • Pastikan dokumen lengkap dan sudah diurutkan saat mengajukan aplikasi visa di loket.
  • Biaya pembuatan visa tahun 2012 (Maret) Rp300.000, 2013 (Maret) Rp325.000. Biaya pembuatan visa terbaru bisa dilihat disini.
  • Berpakaian rapi dan memakai sepatu saat mengajukan visa.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Happy traveling in Japan!🙂

34 thoughts on “Aplikasi Visa Jepang

  1. Nah… itu masalahnya, aku kesana ditanggal2 awal maret…. Sementara infonya festival2 mekarnya diakhir maret😦 semoga dapet ya….

  2. Hai hai Fita. Salam kenal.
    Lucky you! Maret biasanya pas sakura bersemi. Mudah2an dapet view yang keren🙂
    Btw menurut berita kemungkinan mulai Desember 2014 ini kunjungan ke Jepang bebas visa utk stay maks 15hr, tapi khusus pemegang paspor elektronik. Silakan google beritanya, hehe..

  3. Hai….hai….. makasih ya artikelnya… berguna bgt nih… Aq ud dapet tiket AA buat maret 2015, jadi tinggal deg…deg-an bikin visanya nih🙂

  4. Waaaahhh selamat Mbak Jessica🙂
    Senang kalau infonya bermanfaat.
    Memang petugas kedutaan Jepang ramah dan ga rese hehe
    Enjoy your time in Japan😉

  5. Selamat siang mbak ^^
    Akhirnya kemarin ini saya mengurus visa juga setelah mendapat surat keterangan mahasiswa
    Ternyata lebih mudah dari dugaan saya selama berkas-berkas yang di butuhkan tersedia. Saya sekarang sudah mendapat visa untuk ke Jepang. Tidak ada wawancara dari pihak kedutaan juga (saat mengantri sempat melihat orang yang disuruh datang untuk wawancara). Selain itu, karena saya mahasiswa saya mendapatkan gratis biaya visa (350rb saat saya mengajukan).
    Terima kasih sebelumnya, info dari mbak ini sangat berguna ^^

  6. Hi Jessica, salam kenal.
    Saya belum pernah pakai poin no 4 (krn berangkat je Jepang stlh bukan mahasiswa hehe). Tapi IMO poin no 4 itu hanya untuk membuktikan identitas diri. Apalagi disitu tertulis “atau” jadi sepertinya gapapa pakai salah satu saja.
    Sukses mengurus visa-nya🙂

  7. selamat malam mbak, mau tanya mengenai poin nomor 4 (Fotokopi Kartu Mahasiswa atau Surat Keterangan Belajar (hanya bila masih mahasiswa)). di web kedutaan tertulis hal yg sama fotokopi KTM “atau” surat keterangan belajar tetapi saya lihat sempat browsing ada juga yg mengatakan bahwa kedua-nya (fotokopi KTM dan surat keterangna belajar harus ada). Dari pengalaman mbak, apakah harus ada keduanya atau boleh salah satu saja (saya berniat hanya menggunakan fotokopi KTM saja)

  8. oke mbak makasih sarannya, saya cuma takut di situ aja. Kalo saya konfirmasi ke panitia, karena yang mengadakan bukan atas nama universitas yang ada di Jepang, melainkan gabungan dari dosen internasional yang tinggal di jepang dengan bantuan universitas privat (swasta), jadi mereka baru akan memberikan letter of acceptance setelah kita mendapatkan visa turis. (Spekulasi saya sponsorship yang mereka terima belum sanggup untuk menjadikan mereka sebagai guarantor untuk delegasi yang mendaftar, mengingat jumlah peserta yang diinginkan mencapai 170 orang)

  9. @rachmanlizar btw lagi, saya agak heran kenapa panitia br mau memberikan invitation letter setelah dpt visa. Karena justru invitation letter biasanya sebagai bukti utk mengurus visa.

  10. @rachmanlizar kalau liat persyaratan tidak ada syarat booking hotel yg penting itinerary terisi. Biasanya dia liat saldo tabungan juga kalau cukup utk selama di jpn sepertinya ga masalah. Untuk jaga2 diprint saja email korespondensi dgn panitia, kalau2 perlu ditunjukkan ke pihak kedutaan.

  11. mbak, satu pertanyaan lagi. Saya belum punya credit card, dan saya pesimistis dengan masalah itinerary (terutama masalah booking hotel). Apakah kalau kita cukup tahu tempat kita menginap bisa membantu? Bagaimana cara meyakinkan pihak konsulat kalau kita memang bisa tinggal di Jepang selain dengan Bukti booking hotel? apakah saldo tabungan cukup mewakili? terimakasih

  12. @rachmanlizar paspor kosong maksudnya blm pernah ke luar negri? Ga masalahhhh..there’s always be a first time for everything😀 insyaAllah petugasnya ga rese kok asal persyaratannya lengkap.
    Di syarat visa itu ada itinerary kan ya, dan di itinerary itu ada alamat tinggal. Jadi lbh baik kalau sudah ada bukti jaminan tempat nginap. Kalau ngga bisa dicoba minta alamat penginapannya ke pihak panitia utk ditulis di itinerary.
    Selamat mencoba, semoga lancar🙂

  13. oh maaf mbak, hehe. Ada beberapa pertanyaan lagi sebenarnya, paspor saya masih kosong, bisa lanjut kah untuk mengurus visanya? Yang kedua untuk masalah penginapan, perlukah kita booking tempat dulu? kalau iya saya terkendala masalah pembayaran karena saya masih belum bisa pegang Credit Card dan lebih lagi untuk akomodasi sebenarnya ditanggung panitia konferensi, tapi mereka baru memberikan surat tsb setelah saya mendapatkan visa

  14. @rachmanlizar, kalau biaya ditanggung sendiri, seharusnya ga masalah. Buat aja visa kunjungan wisata😀 itinerary-nya general aja ditulis tempat2 yang dikunjungi per hari, tdk usah detail per jam.
    Btw saya “mbak”, bukan “mas” hehe

  15. Mas saya akanke jepang untuk acara konferensi, tapi pihak konferensi masih belum bisa ngasih guarantor atau invitation letter, yang saya bingungkan adalah masalah itinaries selama di jepang, mungkin ada saran mas?

  16. Setahu saya kalau kepergiannya untuk kepentingan pribadi (wisata dll) tidak masuk persyaratan. Untuk keperluan lain silakan dicek jenis visa lainnya di website kedutaan jepang indonesia🙂

  17. maaf mau tanya, apakah perlu dilampirkan surat keterangan kerja yang menyatakan bahwa kantor mengizinkan untuk pergi ke jepang? dan apakah perlu dilampirkan slip gaji? terima kasih😀

  18. @Sinta Bela Kalo sama temen ga bisa. Kalo sama keluarga bisa asal ada bukti kekeluargaan (pake kartu keluarga). Atau lewat travel agent..
    Utk lebih lengkapnya, kunjungi web kedutaan jepang di Indonesia aja. Linknya ada di post🙂

  19. kak, mau tanya..
    kalo mau buat visa, yang dateng ke kedubes bisa diwakilin sama temen ga? atau harus dateng sendiri?

  20. mau numpang tanya.. itu seandainya disuruh datang ngambil visanya 4 hari setelah itu, tapi seandainya kita ada urusan terus baru bisa ngambilnya 5hari setelah itu gppkah? atau harus bener2 hari itu juga.. makasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s