Tom Yam Recipe

Ok, untuk anak-anak astri, ini resep Tom Yam yang kemaren..^^

Bahan:

12 batang serai

Setengah ons daun jeruk segar

Cabai rawit secukupnya (kira-kira setengah ons juga deh..)

Jahe (kira-kira 2 jempol)

5 siung bawang putih

Air perasan jeruk nipis (kira-kira seperempat kg atau lebih, tergantung selere)

Bawang bombay setengah kg

Air secukupnya

Bumbu tom yam adabi (sebenernya bisa buat sendiri, tapi belum pernah coba, mama yang bisa. hehe..)

Cumi* 1 kg (atau sesuai selera)

Udang harimau* 1 kg (atau sesuai selera)

* isi tom yam bisa diganti sesuai keinginan

Haluskan jahe dan bawang putih, potong bawang bombay melingkar. Tumis bumbu yang dihaluskan, setelah harum, masukkan bawang bombay dan teruskan tumis sampa bawang setengah matang, sisihkan.

Masukkan batang serai, daun jeruk, dan cabai rawit ke dalam air (kira-kira 2 liter). Tunggu sampai mendidih dan keluar aroma.

Masukkan bumbu tumisan, tunggu sampai mendidih.

Masukkan cumi dan udang, masak sampai matang.

Masukkan bumbu tom yam, air jeruk nipis, dan garam secukupnya.

Didihkan sebentar, lalu angkat.

Selesai

Mudah kan? ^^

PS: bisa ditambah sayuran kalau mau. Kemarin gHina masukkan wortel juga, masukkan sebelum cumi dan udang (karena cumi dan udang lebih cept matang).

6 thoughts on “Tom Yam Recipe

  1. WOY…

    koq ga dieksport ke tetangga…?

    eksport donk…

    kita dengan senang hati menerima…

    teh ghina..
    I dunno u can cok!

    tom yam itu masakan thailand kan?
    jadi agak2 asam gitu…

    mantab…s

  2. @ fitri
    boleh…boleh….
    kemungkinan gagal kecil banget, fit… soalnya, kalo tom yam-nya ga jadi, bisa diaku-aku masakan lain.

    “eh, ini tom yam atau bukan?”

    kalo berhasil:
    “iya, ini tom yam buatan gw… enak kan?”

    kalo gagal:
    “ngga, ini sup modifikasi gw… kreatif kan?”

    hahaha…..

    ayo fit, kita belajar masak bareng, kan sekalian lu persiapan *****😉

  3. wah,, gina bisa masak tomyam.. ajarinnn…
    dari dulu pengen bgt bikin. kemungkinan gagalanya berapa persen gin? eh, harus think positive yah,hehe.

    daku baru nemuin blog gina nih, salam blog.. -halah-😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s