Lagi, tentang kematian

Saya, kami sekeluarga, tidak pernah menyesali apalagi menyalahkan Allah swt mengapa kami ditinggalkan begitu cepat oleh ayah kami tercinta, insyaAllah.

Justru, ketika menghadapi kematian ayah kami tercinta, satu hal yang terbersit di benak kami semua adalah, “Bagaimana dengan kematian kami nanti?”. Karena alhamdulillah, ayah kami meninggal dalam keadaan yang sangat-sangat baik. Pada hari Jum’at, dalam keadaan bersih dan berwudhu, ketika menuju mimbar untuk mrnjadi khatib shalat Jum’at.

Memang, sejak ayah saya sakit di tahun 2001, beliau sudah sering menyinggung tentang kematian (walaupun diskusi itu bukan dengan saya). Mama bercerita, bahwa ayah saya pernah berkata, “Sya ingin menginggal di saat shalat atau sedang berkhutbah”.

Dulu, saya pernah merenung, “Mengapa akhir hidup manusia (husnul khotimah atau su’ul khatimah) menjadi parameter orang tersebut di dunia? Padahal Allah swt melihat proses usaha manusia?”. Tapi ternyata, dari sebuah buku yang saya baca, sesungguhknya keadaan akhir kita (ketika meninggal), merupakan cerminan dari amalan kita selama hidup. Subhanallah.. Allah memang Mahaadil..

Ya Allah, mohon wafatkan aku dalam sebaik-baiknya keadaan…

4 thoughts on “Lagi, tentang kematian

  1. subhanallah….

    saya diingatkan banyak dari postingan ini…

    aneh…dulu zaman saya sma, saya ingat ada lagu metallica yang liriknya gini, “my lifestyle determine mya death style”….

    Khusnul Khatimah…kesana kita semua menuju

    Insya Allah…amiin

  2. Jadi inget artis/politisi yang baru aja meninggal. Sepertinya probabilitas orang meninggal itu akan lebih besar pada habit atau hobby-nya.

    Mudah-mudahan kita tidak mati pada kebiasaan/hobi yang jelek.

Leave a Reply

