Kuliah Reksis

Kuliah EL 5081 Rekayasa Sistem menjadi sangat menarik bagi saya. Bukan berarti sebelumnya tidak menarik, tapi jadi LEBIH menarik.

Sejak awal semester, sebenarnya kuliah ini menarik karena menggabungkan berbagai ilmu yang kita dapat selama kuliah (plus karena biasnya menjadi penentu kelulusan bagi anak A =D). Tapi, saya mulai mengalami sedikit kebuntuan ketika mengerjakan tugas. Apa yang Prof mau? itu yang jadi pertanyaan besar. Sepertinya gap antara penjelasan Prof dan kepahaman saya semakin lebar =D

Tetapi pada kuliah +/- 2 pekan ini, ketika sudah mulai dalam bahasan antrian, kuliah ini menjadi semakin menarik. MENGAPA? Karena yang namanya “antrian”, “probabilitas”, sebelumnya sudah menjadi suatu yang menakutkan bagi saya. Tetapi setelah Prof menjelaskan semuanya menjadi (meminjam istilah Prof), TERANG. Fungsi distribusi, density function, conditional probability, dll terdefinisi jelas dan dapat saya pahami. Andai saja Prof dulu jadi dosen probstat saya. Mungkin saya tidak perlu mendapatkan nilai C untuk probstat (nilai yang pantas, karena saya memang tidak mengerti probstat kala itu).

Kemudian, dilanjutkan dengan konsep masa hidup (dan masa mati =D) menuju konsep Reliability. Yang terakhir ini sangat menarik karena berhubungan dengan kuliah S2 yang sekarang sedang saya ambil, EP 6252 Perencanaan Sistem Tenaga Lanjut, mengenai Generation Reliability. Apa yang saya dapatkan secara “instan” pada kuliah S2 tersebut (mungkin asumsinya mahasiswa sudah pernah mendapat materi tersebut pada kuliah S1 dan sudah mengerti), dijabarkan secara “jentre” (ini b. sunda untuk kata “jelas”) oleh Prof.

Tidak sabar menunggu Prof menjelaskan tentang Markov! ^^

5 thoughts on “Kuliah Reksis

  1. coba ITB punya OpenCourseWare kaya MIT. Kita bisa tahu apa aja yang diajarin di jurusan2 lain di ITB. Bahkan, kalo dokumentasi kuliahnya lengkap dan semua available online, kita bisa seolah-olah ikut kuliahnya tanpa harus khawatir dikatain t***l
    ^ ^

  2. @ anya

    iya, emang ada di kuliah TI, kemaren sempet di-les-in (lebih tepatnya sih diceramahin) ama mama ttg Markov. hehe……

Leave a Reply

