on becoming a teacher (2)

Alhamdulillah….akhirnya Pak Nanang bisa dihubungi. It’s 12.44.

“Pak, jadinya aku atau Bapak yang ngajar?”

“Kamu emangnya ada apa?”

“Aku ada kuliah, Pak. Isolasi, jam setangah1. Tapi kalo mau aku bisa bolos”

“Ngga usah deh, kamu kuliah aja. Nanti selesai kuliah jam berapa?”

“Jam2, Pak”

“Yasudah, nanti habis kuliah, langsung ke kelas. Bantu aku ngajar”

“Ok, Pak”

…………………………………………….

Selesai kuliah isolasi…langsung melesat menuju Oktagon. Duh, laper nih. Beli minum deh, at least rada berenergi dikit. Hehe…

Selatah minum, saatnya masuk kelas. Aduhhhh…kok tiba-tiba deg2an gini ya? Apa ga usah masuk aja? ummm…tapi udah janji sama Bapak. A promise is a promise, harus dipenuhi.

Akhirnya, masuk juga ke kelas. Duduk di bangku paling depan, mengamati Bapak ngajar.

Huaaaa…kayanya baru sekarang aku benar-benar mengamati dosen mengajar. Karena pengen tau, gimana sih cara ngajar yang baik dan enakeun ^-^ ternyata Bapak ngajarnya……sugoooooooiiiiii…..!!!! Jadi ngebandingin sama rencana gHina ngajar tadi. Jadi ngebayangin gimana gaya gHina kalo ngisi responsi. I’m absolutely nothing =P

Dari sisi suara..kayanya suara Bapak jauh lebih keras. Jadi kebayang gimana capeknya ngajar. Kalo ngisi responsi aja kayanya udah capeeeekkkk banget… suara tuh udah kaya mau abis =P

Dari sisi variasi contoh… jelaslah… Bapak punya lebih banyak variasi contoh yang bisa lebih menggambarkan materi…

Dari sisi pembawaan… Bapak tahu gimana caranya ngerespon mahasiswa. Jadi ga kaya ngomong sendiri di depan. Ngga kaya m****t atraksi sendiri di depan. Ga kaya gHina T_T

Dan banyak lagi….

Suddenly….i feel greater respect for all of my teachers and lectures… (when i know how hard to bea teacher…even for just “passing” a knowledge we already have…) 

Suddenly…. i realize that i have a lot to learn…

on becoming a teacher….

NEVER EVER SURRENDER! ^-^

3 thoughts on “on becoming a teacher (2)

  1. ghin,mau ga ngajar adik karisma yg SMA?
    kadang ada yg mau minta privat,terutama yg adik akhwat…mau ya….

    boleh lah kita share ilmu ngajar yang enakeun,banyak pengajar kok di asrama….

  2. @ julian

    kalo ini masalahnya bukan sekadar empatik…tapi bagaimana menghargai orang lain, terutama yang udah menjadi perantara kita dapet ilmu.
    tapi emang bener, ngeliat dan ngasih komentar itu mudah, tapi melakukannya tidak semudah itu ^^

  3. wah, pengalaman yang seru. kadang kita tidak bisa benar-benar memahami orang lain sebelum kita berada dalam posisinya. jadi empatik itu emang ga mudah, ya? ikut SBT aja belum cukup kayanya ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s