on becoming a teacher (1)

Tadi pagi agak siang (sekitar jam 10 lah), nyampe lab. Langsung buka lappie buat ngerjain Laporan Pendahuluan proyek (oooo….please… cepet selesei dunk!).

Tiba-tiba Pak Nanang dateng dan berkata, “Ghin, kemaren responsi PRE itu udah sampe mana?”.

Kujawab, “Baru sampai piranti, Pak. Tentang kapasitor dan induktor. soalnya kemaren ngejelasinnya aja udah lama”.

“Duh, aku kayanya ga bisa ngajar, mau survey. Kamu bisa gantiin aku? Belajar aja dulu dari bahannya”.

“Emang sekarang bab yang mana, Pak?”

“Bab 4. Coba disiapin ya. Tapi kalo saya bisa minta izin ga survey hari ini, saya aja yang ngajar”.

Eng ing eng…… langsung bingung deh. Waduh….gimana ceritanya nih kalo harus ngajar? Kalo ternyata beneran harus ngajar, this will be my first experiences teaching. Responsi isn’t counted (ini kan cuma latihan, walaupun ngulang materi dikit-dikit). Teaching is absolutely different from giving responsi. It has greater responsibility. Hehe…

Mulailah aku mebuka-buka slide power point Bab 4 : Teori Rangkaian. Tak lupa memperbaiki beberapa slide yang equationnya tumpang tindih. Jadi terkenang masa TPB dulu. Susah banget deh belajar PRE, asa ga ngerti-ngerti. Hihi…

Hmmm…. hukum ohm, mesh and nodal analysis… masih ngerti…

Hubungan seri dan paralel…. gampang….

Transformasi D-Y.. bisalah…

Proporsionalitas… gampang deh…

Superposisi? ups…rada lupa nih… coba dipahami deh… Oooooh….gitu… paham kok.

Eehhh…tunggu dulu…. Teorema Millman? Tellegen? Thevenin-Norton? Substitusi? Waaah…kayanya harus bener-bener diulang nih….

(10 menit kemudian…)

Udah lumayan nih… kecuali Teorema-Thevenin Norton. Masih rada butek. Wah, dari dulu memang teorema ini yang paling membingungkan!

Kemudian, aku merencanakan bagaimana akan memberi kuliah nanti. Mulai dari nyiapin teknis (ups..aku gatau cara nyiapin laptop+infokus. Gaptek banget ya? T_T Yaudah, minta tlg mahasiswa atau Bapak TU aja deh). Kalo materi, kayanya dari slide cukup lengkap. Cukup jelas juga. Contohnya juga ada. Jadi baca slide aja cukup kayanya. Yang penting, jgn cepet-cepet, dan gunakan papan tulis untuk memperjelas. Kucatat notes itu di otak.

Kemudian kuestimasi waktu penayangan tiap slide. Hmmm…2 jam kuliah (2×50 menit, aku tidak mau mengasumsikan 1 jam sebagai 2×60 menit), berarti 100 menit. Ada 45 slide. Jadi setiap slide sekitar 2 menit.

Yoossssh…..i’m ready!

Eeeehhh…tapi kok Pak Nanang belum ngasih kabar juga ya? Jadinya aku atau Bapak yang ngajar nih?? Kalo ga jadi ngajar, mendingan kuliah isolasi aja. Waduh, mana mepet banget… Jam stgh1 mulai kuliah isolasi, dan kalo jadi, ngajarnya mulai jam1. Ga mungkin kan, dateng stgh jam trus keluar lagi… Jadi bolos kuliah ga nih???

 Haduuuuuuh….mana Pak Nanangnya ga bisa dihubungi lagi… T_T

(to be continued…)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s