tentang proyek

it’s been a while since my last posting..

sekarang lagi “sibuk” kuliah, praktikum, ujian, ama ngerjain proyek. pengen cerita tentang proyek deh.
this is my first project sejak jadi kru di ws. ya, at least ngga jadi kru dengan zero project ;p

proyeknya bikin simulasi pintu mall (itu lho.. yang kalo ada orang pintunya otomatis kebuka sendriri) buat TA nya anak SR. pertamanya ditawarin proyek ini ama chandra. dan dia dengan suksesnya meyakinkan gHina bahwa proyek ini ga susah, “sess gHin, gampang kok”. akhirnya, gHina dan ayu memberanikan diri nerima proyek itu..plus ex-bos bram sebagai pembimbing (defaultnya sih emang pembimbing, tp ujung-ujungnya malah jadi yang paling giat ngerjain proyek ;p).

pertama, ketemuan ama anak SR itu (namanya Yoga) dan diskusi tentang spec yang dia mau. ternyata, dia udah bikin maket pintunya, jadi tinggal bikin sistem elektronis dan mekanis buat bikin pintunya bisa otomatis nutup dan ngebuka. so, apa aja yang dibutuhin?? pertama, tentunya sensor. kedua, motor buat mekanisnya. trus pake mikro juga. dan ditambah rangkaian relay untuk ngatur motor dan arah putarannya. jadi kira-kira sistemnya kaya gini

— sensor yang “nge-detect” keberadaan orangnya, trus dia ngasih sinyal ke mikro. trus mikro menerjemahkan itu untuk ngasih “perintah” ke relay. relay ini yang nentuin motornya aktif atau ngga dan arah putaran motor. dari motor dikasih sistem mekanis untuk narik pintunya —

sekarang yang jadi pikiran adalah, sensor apa yang mau dipake? akhirnya pake sensor IR (infra red). kedua, sistem mekanis dari motor untuk ngegerakin pintunya. nah, yang ini agak repot ;p rencana awal, mau bikin jalur gerigi yang ditempelin ke pintunya, trus make motor DC dengan gear yang match dengan jalurnya.

pertama, nyari tempat yang bisa bikin jalur ama gear yang match. pergi ke cikapundung, tp ternyata bengkel disana, di blok F18 (ampe apal coba ;p), ga bisa kalo bikin jalurnya. mereka nyaranin untuk pergi ke bengkel besar di jl. asia afrika, namanya vigano. kesana deh. ngobrol ttg spec yang kita mau dan estimasi harganya. dan ternyata…..mahal sekali saja…. 250 rb untuk satu pasang gear dan jalur.. padahal kita butuh 2. hmm…alternatif solusi adalah mambuat jalur sendiri atau ke teknisi yang ada di basement labtek 8😀 gearnya beli aja.

kedua, nyari motor yang cukup kuat buat narik pintunya. motor DC yang biasa kayanya ga cukup kuat dan putarannya terlalu cepet. jadi, harus kecepatannnya harus direduksi dan kekuatannya ditambah dengan gear box. kata chandra, motor yang udah ada gear boxnya ada yang jual di JP. ke JP deh. tapi pas ke JP, ternyata motornya udah ga ada yang jual. diborong 2 bulan yang lalu sama orang dari polban, ceunah. ntah papa..

alternatif kedua, bikin gear box sendiri, mesen. bengkel di cikapundung blok F18 ternyata bisa bikin, tapi setelah melakukan estimasi harga……. ternyata satu buah gear box harganya 100rb, padahal butuh 2 buah. lagi-lagi mahal sekali saja….

akhirnya……………dicarilah alternatif solusi lain untuk sistem mekanis dari motor ke pintu. dengan saran dari k’dody, kita dapet alternatif lain. umm…alternatif yang ini susah dijelasin pake kata-kata ;p

sekarang saatnya bikin pcb buat pengendali utama. isinya, rangkaian relay, sismin mikro, ama rangkaian ADC buat konversi dari sensor ke mikro. akhirnya, dengan auto route (masih ga sanggup nge-route sendiri euy ;p), jadilah desain pcb untuk pengendali utama. next…………………………………..masang-masang komponen dan troubleshooting.

wish us luck =)

One thought on “tentang proyek

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s